Jumat, 13 April 2012

Membuat Partisi SD Card Pada Handphone Android

share on facebook

1. backup dulu data pada SD Card kalian. karena SD Card akan di Hapus dan Format Partition.
2. Download Sofware untuk membuat partitionnya, anda bisa memakai Mini Tool Partition Wizard atau EASEUS Partition Master
3. Install MiniTools di PC
4. Sambungkan USB HP ke PC atau bisa menggunakan Card Reader
5. Jalankan Mini Tools dan akan terlihat seperti dibawah. SD card Terlihat pada Disk 2.
6. Delete Partiton SD Card lalu Klik Create Partition

7. Karena SD Card saya cuma 2GB jadi saya cuma membuat 2 buah patition. Partition Pertama Menggunakan Format Fat32. Digunakan untuk menyimpan data-data seperti office, mp3, video dll.
8. Partition kedua sisa dari partition pertama, dengan format Ext2 /Ext3. Partition untuk linux sebesar 500Mb. Digunakan untuk menginstall/memindahkan aplikasi dari phone memory ke SD Card.
9. Untuk Partition Tergantung dari besar dari SD card kalian. Jika Mempunyai SD Card yang lumayan besar kalian bisa membuat partition ke3 dengan format Swap. Partition Swap digunakan untuk membantu kerja RAM. dan biasanya partition swap dibuat sebesar 2 kali besar RAM.
10. Setelah selesai klik APPLY pada pojok kiri atas untuk mengeksekusi partition yang telah kita buat.

sampai sini selesai membuat partition untuk SD card android kalian.
untuk memindahkan aplikasi dari memory phone yang telah terinstall ke SD Card kalian bisa menggunakan aplikasi LINK2SD atau MOVE2SD dan aplikasi lainya yang ada dimarket. download dan install.
Selamat mencoba Membuat Partisi SD Card Pada Handphone Android dan hati-hati. apapun yang terjadi, kehilangan data-data atau lainya diluar tanggung jawab penulis.

bukti bahwa saya berhasil mempartisi SD Card saya .

SS dari galaxy mini saya
masih kurang yakin juga, ini saya sertakan karena banyak dari beberapa orang tidak percaya bila saya telah suskes mempartisi SD Card Android saya. Beberapa SS dari Link2SD yang  untuk menjalankan applikasinya membutuhkan Partisi ext2 dan root, jika tidak maka tidak bisa.
Tampilan di mino tools


SS pilihan Second Partition

SS Titanium backup
SS Link2SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar