Rabu, 11 April 2012

Membuat HBCD to USB dengan Unetbootin

share on facebook

HBCD 2 USB            Tutorial ini sebenarnya dah cukup lama ngendon dipikiran. Sebenarnya dah dari dulu ingin menulisnya, namun baru kali ini bisa mewujudkannya.
Sebelumnya saya dah pernah posting tutorial membuat Hiren’s Boot CD to USB, namun pada tutorial tersebut agak ribet dan gak praktis banget.
Selain itu, saya juga pernah posting tutorial tentang UNetbootin untuk membuat Installer Linux pada Usb.
Pernahkah Sahabat iseng – iseng berpikir bahwa UNetbootin bisa juga untuk membuat Hiren’s Boot CD to USB?
Tutorial ini berawal dari otak-atik saya dan melihat bahwa HBCD itu system bootnya (maaf kalo salah istilah) adalah juga linux (SysLinux), nah berawal dari sanalah saya coba untuk membuat HBCD to USB dengan menggunakan tool / aplikasi UNetbootin ini.
Langsung aja ke pokok masalah:
Sebelum Sahabat mencoba tutorial ini, beberapa tool yang mesti Sahabat persiapkan terlebih dulu, yaitu:
1. UNetbootin yang bisa Sahabat download disini.
2. File Iso HBCD yang bisa Sahabat download disini.
3. USB / UFD minimal 1Gb.
Saya asumsikan Sahabat telah menyiapkan kesemua tool di atas, untuk tutorial lebih lanjut, sama seperti tutorial membuat USB live Linux yang bisa Sahabat liat disini.

Yang perlu Sahabat perhatikan pada saat menjalankan HBCD to USB:
Setelah loading booting dan masuk ke menu HBCD, kalo ada pertanyaan / warning (lupa aku) pilih manual dan pilih B(drive B), setelah itu tool Hiren’s akan bisa digunakan seperti biasa.
Salam n semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar