Senin, 19 Maret 2012

Deskripsi Internet dan Intranet

share on facebook


Deskripsi Internet

Secaraharfiah, internet (kependekandari interconnected-networking) ialahrangkaiankomputer yang terhubung di dalambeberaparangkaian.Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialahsistemkomputerumum, yang berhubungsecara global danmenggunakan TCP/IP sebagaiprotokolpertukaranpaket (packet switching communication protocol).Rangkaian internet yang terbesardinamakan Internet.Cara menghubungkanrangkaiandengankaedahinidinamakan internetworking.
Internet dijagaolehperjanjian bi- atau multilateral danspesifikasiteknikal (protokol yang menerangkantentangperpindahan data antararangkaian).Protokol-protokolinidibentukberdasarkanperbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbukakepadaumum.Badaninimengeluarkandokumen yang dikenalisebagai RFC (Request for Comments).Sebagiandari RFC dijadikanStandar Internet (Internet Standard), olehBadanArsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB).Protokol-protokol Internet yang seringdigunakanadalahseperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapalayananpopuler di Internet yang menggunakanprotokol di atas, ialah email/suratelektronik, Usenet, Newsgroup, berbagiberkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, aksessesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antarasemuaini, email/suratelektronikdan World Wide Web lebihkerapdigunakan, danlebihbanyakservis yang dibangunberdasarkannya, sepertimilis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkanadanyaservisterkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapatdiakses di seluruhdunia.Selainitumelalui Internet dimungkinkanuntukberkomunikasisecaralangsungantaraduapenggunaataulebihmelalui program pengirimpesaninstanseperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapaservis Internet populer yang berdasarkansistemtertutup (Proprietary System), adalahseperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Negara denganakses Internet yang terbaiktermasuk Korea Selatan (50% daripadapenduduknyamempunyaiaksesjalurlebar – Broadband), danSwedia.Terdapatduabentukakses Internet yang umum, yaitu dial-up, danjalurlebar. Di Indonesia, sepertinegaraberkembangdimanaakses Internet danpenetrasi PC sudahcukuptinggidengan di dukungnya Internet murahdan netbook murah, hanyasaja di Indonesia operator kurang fair dalammenentukanhargadanbahkanadasalahsatu operator yang sengajamembuat “perangkapjebakan” agar supayasipengguna Internet bayarlebihmahalsampaiberjuta-juta rupiah!!, lainnyasekitar 42% dariakses Internet melaluifasilitas Public Internet aksessepertiwarnet ,cybercafe, hotspot dll. Tempatumumlainnya yang seringdipakaiuntukakses Internet adalah di kampusdan di kantor.
Disampingmenggunakan PC (Personal Computer), kitajugadapatmengakses Internet melaluiHandphone (HP) menggunakanFasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakansalahsatustandarkomunikasi wireless (nirkabel) yang memilikikecepatankoneksi 115 kbps danmendukungaplikasi yang lebihluas (grafisdan multimedia). Teknologi GPRS dapatdiakses yang mendukungfasilitastersebut.Pen-setting-an GPRS padaponselTergantungdari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan.Biayaakses Internet dihitungmelaluibesarnyakapasitas (per-kilobite) yang didownload.
Adapuntokoh-tokoh Internet seperti Timothy Berners Lee pencipta WWW (World Wide Web) dan Roy Tomlinson pencipta @ (at) padaalamatsurat e-mail.

 

Deskripsi Intranet

Sebuah intranet adalahsebuahjaringanprivat (private network) yang menggunakanprotokol-protokol Internet (TCP/IP), untukmembagiinformasirahasiaperusahaanatauoperasidalamperusahaantersebutkepadakaryawannya.Kadang-kadang, istilah intranet hanyamerujukkepadalayanan yang terlihat, yaknisitus web internal perusahaan.Untukmembangunsebuah intranet, makasebuahjaringanharuslahmemilikibeberapakomponen yang membangun Internet, yakniprotokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, danprotokollainnya), kliendanjuga server.
Protokol HTTP danbeberapaprotokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnyamerupakankomponenprotokol yang seringdigunakan.
Umumnya, sebuah intranet dapatdipahamisebagaisebuah “versipribadidarijaringan Internet”, atausebagaisebuahversidari Internet yang dimilikiolehsebuahorganisasi.
Padadasarnyaperangkatlunakaplikasi yang digunakan di Intranet tidakberbedajauhdengan yang digunakan di Internet.Di Intranet digunakan Web, e-mail dll.samaseperti yang digunakan di Intranet.
WARNET sebenarnya intranet yang sangatsederhanasekali, hanyatidakada content yang khusus / spesifik yang internal di warnettsb.
Hal yang terpentingadalahdarisisimateri / content yang dibawaoleh intranet tsb. Padatingkat yang paling sederhana, intranet akansangatdirasakanmanfaatjika e-mail internal perusahaan / institusidapatdiaktifkan. E-mail yang dilengkapidengankemampuan mailing list sangatmembantuuntukmelakukankoordinasiantarbagiansecarafleksibledanmengurangirapat-rapat yang sering kali melelahkan. Di sampingitu yang cukup fatal sebenarnya e-mail mempunyaipotensiuntukmembuatsemua proses dalambadanusahaandamenjadisangattransparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar